HARGA TRANSFER....RESUM




PENENTUAN HARGA TRANSFER
(TRANSFER PRICING)
   
Istilah HT ini dijumpai pada perusahaan yang organisasinya disusun menurut pusat laba dan antar pusat laba tersebut terjadi transfer barang/jasa.

Adanya transfer barang dan jasa dihubungkan dengan proses deferensiasi bisnis dan karena perlunya integrasi dalam organisasi yang telah melakukan diferensiasi bisnis.

Diferensiasi bisnis = diversifikasi à jalan yang dibuat seorang manajemen saat ia menghadapi banyak ketidakpastian, sehingga resiko bisnis meningkat, sehingga untuk menurunkan resiko, ia membuat diversifikasi.
Misalnya : Perusahaan semen yang berkembang mempunyai 2 alternatif :
Alternatif 1  : Terus menginvestasikan dana di usaha semen
Alternatif 2 : Melakukan diversifikasi pada industri lain yang berlainan dengan bisnis sebelumnya (bisnis semen)
Arti sempit :
adalah harga perpindahan barang atau jasa antara dua pusat laba atau lebih.        
Arti Luas :
adalah harga perpindahan barang atau jasa yang dipertukarkan antara unit-unit antar pusat pertanggungjawaban dalam suatu organisasi.
Harga Transfer
Untuk organisasi yang terdesentralisasi, keluaran dari sebuah unit dipakai sebagai masukan bagi unit lain. Transaksi antar unit ini mengakibatkan timbulnya suatu mekanisme transfer pricing. Transfer pricing didefenisikan sebagai suatu harga jual khusus yang dipakai dalam pertukaran antar divisional untuk mencatat pendapatan unit penjual (selling division) dan unit divisi pembeli (buying divison). Pada penjelasan ini pengertian harga transfer dibatasi pada nilai yang diberikan atas suatu transfer barang atau jasa dalam suatu transaksi yang setidaknya salah satu dari kedua pihak yang terlibat adalah pusat laba.



Tujuan Harga Transfer :

  • Penentuan harga transfer antar pusat laba sangat penting jika :
  1. Transaksi transfer barang atau jasa antar pusat laba cukup signifikan
  2. Biaya barang atau jasa yang ditransfer merupakan komponen penting produk akhir.
  3. Profibilitas merupakan pertimbangan pentingdi dalam penilaian prestasi divisi.

  • Sistem Harga Transfer Bertujuan :
  1. Untuk memberikan informasi yang relevan pada setiap pusat laba dalam menentukan harga transfer
  2. Untuk memotivasi manager pusat laba pengirim, pusat laba penerima, dan kantor pusat dalam membuat keputusan yang tepat.
  3. Untuk menyajikan laporan laba setiap divisi yang secara layak mengukur prestasi divisi.

Sasaran Penentuan Harga Transfer :
Harga transfer merupakan mekanisme untuk mendistribusikan pendapat jika dua pusat laba atau lebih bertanggungjawab bersama atas pengembangan, pembuatan, dan pemasaran suatu produk sehingga masing-masing harus berbagi pendapatan yang dihasilkan ketika produk tersebut terjual.




Metode Penentuan Harga Transfer

Istilah “Harga Transfer” yang digunakan disini adalah nilai yang diberika kepada suatu transfer barang dan jasa dalam suatu transaksi dimana setidaknya ada satu pusat laba yang terlibat didalamnya.

Prinsip Dasarnya
Adalah bahwa harga transfer harus sama dengan harga yang di patok seandainya produk tersebut terjual kepada konsumen atau pemasok.
Ketika suatu pusat laba pada sebuah perusahaan membeli produk, dan menjualnya kepada satu sama lain, maka dua keputusan yang harus diambiluntuk setiap produk adalah :
                 
1. Sourcing decision       apabila perusahaan memproduksi sendiri produk tersebut atau membelinya dari pemasok luar.
2. Transfer price decision        jika memproduksi sendiri, pada tingkat harga berapakah produk tersebut ditransfer diantara pusat laba.

Harga Transfer Berdasarkan Biaya
Jika harga kompetitif tidak tersedia, maka suatu harga transfer dapat ditentukan berdasarkan biaya tambah laba, meskipun harga transfer semacam ini sangat sulit dihitung dan hasilnya kurang memuaskan dibandingkan dengan harga yang berbasis pasar (marked-based price).

Dua keputusan yang harus dibuat dalam system harga transfer berdasarkan biaya :
1)    Bagaimana menentukan besarnya biaya, dan
2)    Bagaimana menghitung markup laba.

Basis Biaya.
Basis yang umum adalah biaya standar. Biaya actual tidak boleh digunakan karena factor inefisiensi produksi akan terlewatkan bagi pusat laba pembelian. Jika biaya standar yang digunakan, maka dibutuhkan suatu insentif untuk menetapkan standar yang ketat dan meningkatkan standar tersebut.




*****@@@@@*****

0 Response to "HARGA TRANSFER....RESUM"

Posting Komentar